Minggu, 23 Oktober 2011

karya ilmiah vs nonilmiah

Istilah karya ilmiah dan nonilmiah merupakan istilah yang sudah sangat lazim diketahui orang dalam tulis-menulis. Kita dapat membedakannya dari masing-masing pengertian antara karya ilmiah dan karya non ilmiah.

Karya ilmiah atau biasa disebut karangan ilmiah merupakan suatu tulisan yang berisi argumentasi penalaran keilmuan yang dikomunikasikan lewat bahasa tulis yang formal dengan sistematis-metodis dan menyajikan fakta umum serta ditulis menurut metedologi penulisan yang benar. Karya ilmiah ditulis dengan bahasa yang konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya teknis dan didukung fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya. Setiap karya tulis yang dihasilkan seseorang tidak dengan serta merta dapat digolongkan ke dalam format KTI, karena KTI memiliki kekhususan. Beberapa kekhususan tersebut, diantaranya,

ü mengupas dan mempermasalahkan pengetahuan

ü menerapkan kebenaran ilmiah dan disajikan dengan metoda ilmiah

ü serta menggunakan bentuk dan bahasa ilmiah

Dengan demikian, setiap karya tulis yang memiliki kekhususan tersebut dapat dikategorikan sebagai KTI. salah satu media komunikasi tertulis adalah karangan atau karena berbentuk tulisan maka dinamakan karya tulis. Setiap gagasan seseorang yang dituangkan ke dalam tulisan dinamakan karya tulis. Namun, tidak semua karya tulis dinamakan karya tulis ilmiah. KTI seharusnya memiliki tiga kekhususan sebagai sebuah karya tulis, sebagaimana disebutkan di atas. Karya tulis merupakan bentuk karya tertulis berisi gagasan sehingga sering kali dinamakan karangan.

Karya tulis ilmiah merupakan karya manusia yang dituangkan secara tertulis dalam mengusung suatu perkembangan ilmu. Karya tulis ini menandai keberagaman pemikiran manusia dan perkem­bangan ilmu pengetahuan. Semakin banyak tulisan ilmiah, maka semakin beragam pemikiran manusia dalam memunculkan perkembangan ilrnu pengetahuan.

Menurut JohnDewey ada lima langkah pokok proses ilmiah, antara lain :

1. mengenali dan merumuskan masalah

2. menyusun kerangka berpikir dalam rangka penarikan hipotesis

3. merumuskan hipotesis ataudugaan hasil sementara

4. menguji hipotesis

5. menarik kesimpulan.

ciri-ciri karya ilmiah antara lain:

1. Objektif.
Keobjektifan ini menampak pada setiap fakta dan data yang diungkapkan berdasarkan kenyataan yang sebenarnya.Juga setiap pernyataan atau simpulan yangdisampaikan berdasarkan bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan

2. Netral
Kenetralan ini bisa terlihat pada setiap pernyataan atau penilaian bebas dari kepentingan-kepentingan tertentu baik kepentingan pribadi maupun kelompok. Oleh karena itu, pernyataan-pernyataan yang bersifat mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca perlu dihindarkan.

3. Sistematis
Uraian yang terdapat pada karya ilmiah dikatakan sistematis apabila mengikuti polapengembangan tertentu

4. Logis
Kelogisan bisa dilihat dari pola nalar yang digunakannya, pola nalar induktif atau deduktif pola induktif digunakan untuk menyimpulkan suatu fakta sebaliknya pola deduktif digunakan untuk membuktikan suatu teori

5. Menyajikan fakta (bukan emosi atau perasaan) Setiap pernyataan, uraian, atau simpulan dalam karya ilmiah harus faktual, yaitu menyajikan fakta

6. Tidak Pleonastis

Maksudnya kata-kata yang digunakan tidak berlebihan atau langsung tepat menuju sasaran

7. Bahasa yang digunakan adalah ragam formal.

Contoh karya tulis ilmiah semisal skripsi, tesis, disertasi dll.

Karya Non Ilmiah

Karya non ilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum, ditulis berdasarkan fakta pribadi, umumnya bersifat subyektif, gaya bahasa biasanya abstrak , gaya bahasanya formal dan popular.

Karya non ilmiah bersifat:

1. Emotif : kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi

2. Persuasif: penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative.

3. Deskriptif : pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.

4. Kritik tanpa dukungan bukti

Contoh karya tulis non-ilmiah yaitu cerpen, puisi, novel, komik dll.

SUMBER :

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Epistemologi

2. xa.yimg.com/kq/.../Bab3+++Karya+Ilmiah+%26+Penelitian.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar