Jumat, 07 Oktober 2011

Belajar itu adalah sesuatu

Belajar memang membosankan, saya mempunyai sedikit tips bagaimana belajar dengan santai namun banyak ilmu yang kita dapat khususnya ketika kita ingin menghadapi ujian . Tips tersebut diantaranya:

1. Berdoa

Berdoa adalah solusi paling ampuh dalam belajar, setidaknya dengan berdoa hati anda akan lebih ikhlas dan mudah menerima ilmu yang dipelajari

2. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling baik adalah pada saaat tubuh kita masih segar. biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

3. Tumbuhkan rasa optimis dalam diri Anda.

Optimis akan suatu perubahan sangat dibutuhkan dalam upaya mempertajam daya ingat dan daya kemampuan otak yang baik. Jadi, sugesstikan diri anda kalau anda mampu !

4. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.

5. Rileks

Beri waktu otak anda max 45 menit untuk beristirahat, dapat dilakukan dengan memainkan game, mendengarkan musik atau hobby yang menyenangkan menurut anda.

6. Mulai belajar kembali

Setelah otak kita diberi waktu untuk beristirahat, mulailah menghapal kata-kata kunci terkadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya

7. Jangan memaksakan kemampuan otak anda, jika anda sudah merasa lelah, berhentilah !

8. Terakhir berdoa, bersyukur atas kemampuan yang diberikan oleh Tuhan, dan kendalikan rasa stress yang menyelimuti pikiran Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar